fbpx
Lompat ke konten
Beranda » Blog » Apakah Bahan Cotton Combed Melar atau Tidak 

Apakah Bahan Cotton Combed Melar atau Tidak 

bahan cotton combed melar atau tidak

Bahan Cotton Combed Melar atau Tidak untuk Kaos? Bahan cotton combed adalah salah satu jenis bahan yang digunakan untuk memproduksi baju kaos.

Bahan ini merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan baju karena bahan tersebut tidak mudah menyerap keringat, tidak terlalu panas, tidak melar, halus dan mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai macam model pakaian lainnya.

Untuk bahan kaos yang adem dan sejuk bisa cek pada postingan ini.

Sebagai seorang produsen yang memproduksi baju menggunakan bahan cotton combed menjadi salah satu pilihan yang paling baik karena bahan tersebut sangat nyaman untuk dipakai. Sehingga banyak konsumen yang mencari baju kaos dengan bahan cotton combed tersebut.

Cara pembuatan kaos bahan cotton combed

Bahan cotton combed diproses dengan metode penyisiran ( combed ), sebelum bahan cotton tersebut dipintal menjadi sebuah gulungan benang. Proses combed atau penyisiran tersebut membuat bahan cotton lebih lembut dan bahan cotton combed melar atau tidak, untuk hasil baju yang dihasilkan lebih awet dan tahan lama.

Meski pun pada umumnya bahan cotton combed dijadikan bahan utama pembuatan baju kaos, namun ada juga beberapa produsen yang menjadikan bahan cotton combed sebagai bahan dasar pembuatan bed cover, sprei, taplak meja, sarung bantal dan sarung guling serta berbagai produk lainnya.

Perbedaan bahan cotton combed dengan bahan katun

Banyak orang yang menyamakan antara bahan cotton combed dengan bahan katun karena prosesnya yang tergolong mirip. Dan ini biasanya juga disebabkan oleh kurangnya edukasi dari pihak konveksi pada calon pembeli.

Namun siapa sangka, ternyata bahan cotton combed berbeda dengan bahan katun. Perbedaan kedua bahan ini terletak pada beberapa hal yaitu sebagai berikut :

Proses pembuatan

Pada proses penyisiran yaitu dengan membuang benang – benang yang berukuran pendek atau memisahkannya dengan jenis benang – benang yang panjang.

Proses penyisiran ini dilakukan bertujuan agar tidak tercampurnya benang – benang yang akan diproduksi. Dalam tahap ini bahan yang digunakan adalah bahan katun.

Bahan katun tersebut dilakukan proses penyisiran sehingga tersisa bahan – bahan cotton combed yang memiliki benang panjang.

Sedangkan bahan kaos dengan bahan katun masih memiliki unsur campuran antara benang – benang yang pendek dan benang yang panjang.

Bahan yang digunakan dalam kaos cotton combed merupakan bahan katun murni tanpa adanya campuran dengan bahan – bahan sintetis lainnya.

Misalnya, polyester, dengan demikian bahan kaos cotton combed tidak memiliki campuran senyawa dengan bahan kimia. Sedangkan bahan katun memiliki beberapa campuran dengan bahan lain sehingga tidak murni menggunakan bahan katun.

Produk yang dihasilkan dengan menggunakan bahan cotton combed memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan bahan katun. Hal ini dapat anda rasakan pada permukaan baju kaos yang telah siap diproduksi.

Pada umumnya baju yang menggunakan bahan katun akan jauh lebih kasar dari pada bahan baju kaos cotton combed. Bahkan terkadang terlihat serabut – serabut benang pada baju apabila diperhatikan dari jarak dekat.

Kelebihan Bahan Cotton Combed Katun

Baju kaos yang menggunakan bahan cotton combed melar atau tidak tentu saja menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui konsumen. Bahan cotton combed memiliki beberapa kelebihan dibandingkan baju kaos dengan bahan lainnya. Ada pun beberapa kelebihan bahan cotton combed adalah sebagai berikut;

  • Baju yang dihasilkan lebih halus sehingga nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu panjang.
  • Bahan cotton combed lebih mudah untuk menyerap keringat. Sehingga bagi anda tipe orang yang mudah berkeringat maka akan sangat direkomendasikan memilih baju dengan bahan cotton combed.
  • Baju yang menggunakan bahan cotton combed tidak memiliki zat campuran seperti bahan kimia, sehingga baik dan aman untuk kesehatan sebab akan kulit anda akan terhindar dari alergi dan penyakit kulit lainnya yang disebabkan bahan kimia pada baju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Klik Disini